Tips Penting untuk Lulusan Baru tentang Cara Mendapatkan Pekerjaan

Lulusan baru dapat menemukan pasar kerja yang menakutkan dan luar biasa. Namun, dengan panduan dan persiapan yang tepat, Anda dapat membuat transisi dari pelajar menjadi profesional jauh lebih mudah. Berikut adalah beberapa tip penting untuk membantu lulusan baru mendapatkan pekerjaan impian mereka. Dengan sikap, penelitian, dan perencanaan yang tepat, Anda dapat mengendalikan karier Anda dan mewujudkannya. Dengan memahami proses perekrutan, meneliti pemberi kerja dan industri, menyesuaikan resume, dan menjalin jaringan secara strategis, Anda dapat memberi diri Anda peluang sukses terbaik. Letakkan langkah terbaik Anda ke depan dan Anda akan memulai dengan awal yang luar biasa!

Memahami proses perekrutan

Setiap perusahaan memiliki proses perekrutannya sendiri dan beberapa memiliki beberapa tahapan yang mereka gunakan untuk menemukan orang-orang terbaik. Memahami ini akan membantu Anda mengukur waktu yang diperlukan untuk mendengar kabar dari pemberi kerja dan membantu Anda menyusun garis waktu untuk proses tersebut.

Terima dan tinjau perekrutan, Anda akan menerima konfirmasi email dengan perincian tentang langkah selanjutnya dalam proses yang mungkin berupa kuesioner online, obrolan video, atau wawancara virtual. Ini dirancang untuk mengurangi bias dan memungkinkan pemberi kerja untuk memilih kandidat berdasarkan keterampilan dan kualifikasi, bukan keterampilan yang cocok atau tatap muka.

Wawancara – Jika lamaran Anda lolos ke tahap wawancara, Anda akan diundang untuk wawancara tatap muka atau telepon. Beberapa perusahaan mungkin mengundang Anda untuk wawancara kelompok atau wawancara panel, dan perusahaan lain mungkin meminta Anda untuk menyelesaikan tes keterampilan.

Pemeriksaan medis – Di beberapa industri, seperti perawatan kesehatan, menjalani pemeriksaan medis merupakan persyaratan. Anda mungkin diminta untuk menyelesaikan beberapa tes standar, menjalani tes darah, atau memberikan catatan dokter.

Tawaran formal – Jika Anda melewati semua tahapan ini, Anda dapat berharap untuk ditawari pekerjaan. Setelah Anda menerima posisi tersebut, Anda dapat mulai merencanakan jalur karier Anda dan memasuki tempat kerja.

Riset pemberi kerja dan industri

Ada banyak cara untuk belajar tentang pengusaha dan industri, tetapi cara terbaik adalah berbicara dengan orang. Jangkau alumni dari universitas Anda dengan pekerjaan di industri yang Anda minati untuk mencari tahu tentang proses perekrutan, proses wawancara, dan budaya organisasi. Cara lain untuk riset industri atau tempat yang ingin kita apply lamaran pekerjaan adalah dengan membaca forum dan grup online. Ada banyak forum khusus tempat orang berbagi informasi tentang perusahaan dan manajer perekrutan. Situs web pemberi kerja dan industry. Selain itu, Beberapa industri memiliki situs web sendiri tempat Anda dapat menemukan informasi tentang proses perekrutan, gaji rata-rata, dan pemberi kerja teratas. Serta melalui Media sosial merupakan cara hebat lainnya untuk mempelajari lebih lanjut tentang pengusaha dan industri. Banyak perusahaan memiliki saluran media sosial mereka sendiri di mana mereka berbagi informasi tentang budaya dan proses perekrutan mereka.

Membuat Resume

Saat Anda melamar pekerjaan, Anda harus mengirimkan resume Anda. Resume Anda adalah kesempatan terbaik Anda untuk mengesankan pemberi kerja dan melangkah masuk. Itu harus disesuaikan dengan pekerjaan yang Anda lamar, menyoroti keterampilan Anda dan pengalaman yang Anda miliki yang relevan dengan peran tersebut. Itu harus asli dan bukan salinan dari aplikasi pekerjaan lain. Itu juga harus menarik secara visual dan mudah dibaca.

Jaringan secara strategis

Berjejaring adalah cara yang luar biasa untuk bertemu orang-orang dan menjelajahi peluang baru, tetapi penting untuk tidak terlihat menjual atau putus asa. Bersikaplah tulus, pandai berbicara, dan pelajari tentang orang lain sebelum meminta bantuan. Ini akan membantu Anda membangun hubungan jangka panjang yang dapat membantu Anda dalam karier. Berikut tips untuk membangun jaringan untuk mencari pekerjaan

  1. Bergabunglah dengan asosiasi profesional – Bergabung dengan asosiasi profesional dapat membantu Anda menjalin hubungan dengan orang-orang di industri Anda dan menemukan mentor yang dapat membantu Anda menavigasi karier.
  2. Menghadiri acara – Acara dan konferensi adalah cara yang bagus untuk berjejaring dengan orang-orang di industri Anda. Gunakan LinkedIn untuk menemukan acara lokal tempat Anda dapat bertemu orang.
  3. Pergi ke acara jejaring – Ada banyak acara jejaring yang dapat Anda hadiri untuk bertemu orang-orang di industri Anda. Acara ini adalah cara yang bagus untuk membuat koneksi dan membangun jaringan Anda.

Praktikkan teknik wawancara

Sangat penting untuk berlatih sebanyak mungkin wawancara. Ini akan membantu Anda mempersiapkan diri untuk situasi yang lebih nyata dan mengurangi beberapa tekanan serta menghilangkan rasa gugup saat melakukan wawancara. Berikut tips untuk Latihan praktik wawancara.

  1. Baca pertanyaan wawancara umum – Ada banyak situs web dengan daftar pertanyaan wawancara umum. Membaca ini akan memungkinkan Anda untuk bersiap menghadapi berbagai skenario dan membantu Anda menemukan jawaban dengan cepat.
  2. Berlatih di depan cermin – Berlatih di depan cermin adalah cara yang bagus untuk mempersiapkan wawancara. Ini akan membantu Anda mengidentifikasi area di mana Anda dapat meningkatkan dan membuat Anda merasa lebih nyaman.
  3. Tanya dengan orang yang sudah pernah melakukan wawancara – Berbicara dengan orang yang pernah melakukannya, terutama orang yang Anda kenal, dapat membantu Anda bersiap dan merasa lebih percaya diri. Jangkau orang-orang di jaringan Anda dan tanyakan apakah mereka punya saran untuk Anda.

Manfaatkan Situs Pencari pekerjaan online

Ada banyak papan pekerjaan online yang dapat Anda cari untuk mencari pekerjaan. Mereka memungkinkan Anda untuk mencari pekerjaan berdasarkan lokasi, industri, pengalaman, dan faktor lainnya. Beberapa situs pencari pekerjaan terbesar adalah jobstreet, karir.com, loker.id, dan LinkedIn.

Menjangkau jaringan alumni

Jaringan alumni dapat menjadi sumber yang bagus untuk pencari kerja. Anda dapat mencari jaringan alumni universitas Anda secara online atau lihat daftar universitas terbaik dengan jaringan alumni ini. Bergabung dengan jaringan alumni adalah cara yang bagus untuk tetap terhubung dengan orang-orang yang dapat membantu Anda dalam karir Anda. Beberapa jaringan alumni menawarkan program bimbingan dan sumber daya lain untuk membantu Anda menavigasi karier dan mencari pekerjaan.

About Akademik

Check Also

10 Tips Pencarian Kerja untuk Mendapatkan Karir Impian Anda

Apakah Anda sedang mencari pekerjaan impian Anda tahun ini? Dengan pasar kerja yang semakin kompetitif, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *