Tips Mengirim Surat Lamaran Pekerjaan Melalui Email

Di era modern saat ini, mengirim Surat lamaran pekerjaan melalui email merupakan hal yang sangat lumrah. Hal Ini dikarenakan memudahkan pelamar kerja atau perusahaan, baik dari efisiensi waktu dan biaya. Mengirim surat lamaran pekerjaan melalui email juga akan mempermudah anda jika setiap kali akan melamar pekerjaan.

Surat lamaran email harus pendek dan ringkas, tetapi juga harus mencakup semua informasi kontak Anda, serta ringkasan singkat mengapa Anda tertarik pada posisi tersebut.

Surat lamaran email harus ditujukan kepada manajer perekrutan atau perekrut, dan itu harus secara singkat memperkenalkan Anda dan kualifikasi Anda untuk posisi tersebut. Ini juga harus mencakup satu atau dua kalimat tentang mengapa Anda tertarik pada perusahaan, keterampilan apa yang Anda miliki yang akan membuat Anda cocok untuk posisi itu, dan kerangka hari/waktu apa yang paling cocok untuk wawancara.

  1. Surat lamaran email yang bagus harus mencakup:
  2. Pengantar singkat tentang diri Anda
  3. Ringkasan keterampilan dan pengalaman Anda
  4. Alasan mengapa Anda melamar posisi ini
  5. Informasi Kontak Anda

 

Berikut Tips mengirim surat lamaran pekerjaan melalui email ala s-academic.id :

Buatlah Curriculum Vitae (CV)

Curiculum Vitae atau sering disebut Daftar Riwayat Hidup merupakan dokumen yang memberikan gambaran mengenai pengalaman sesorang dan kualifikasi lainnya. CV harus disesuaikan dengan posisi spesifik yang Anda lamar. Itu harus menyoroti keterampilan dan pengalaman Anda sehubungan dengan persyaratan posisi.

Gunakan Email Sesuai dengan Nama Anda

Pastikan Anda menggunakan alamat email sesuai dengan nama Anda  untuk mencerminkan keseriusan Anda dalam melamar pekerjaan melalui email. Hindari penggunaan alamat email yang berisi kata-kata kotor, julukan, atau bahasa tidak pantas lainnya.

Kirim Lamaran Pekerjaan pada Saat Jam Kerja

Satu hal yang perlu diingat saat mengirim lamaran kerja melalui email adalah waktu pengiriman email. Waktu yang terbaik untuk mengirim lamaran selama jam operasional kantor, yakni Senin-Jumat, 08.00-17.00. Hal ini dapat menunjukkan bahwa Anda menghargai profesionalisme dan menghargai waktu kerja Anda, yang tentunya akan menjadi nilai positif di mata perekrut.

Sebelum Mengirim, Periksa dan Pastikan Lamaran Pekerjaan Agar Terhindar dari Kekeliruan

Sebelum mengirim, ada baiknya meninjau semua isi lamaran pekerjaan Anda untuk menghindari kesalahan ketik, file, dll.

Berikut ini adalah apa yang harus Anda periksa lagi aplikasi aplikasi melalui email.

  • Cek kembali persyaratan lamaran.
  • Periksa apakah alamat email penerima ditulis dengan benar.
  • Periksa apakah tema E -Mail menarik dan sesuai dengan ketentuan lamaran.
  • Cek kembali file yang dilampirkan.
  • Pastikan ukuran file yang dilampirkan tidak melebihi 5MB.
  • Baca e -mail untuk memastikan bahwa tidak ada kata yang salah.
  • Periksa waktu untuk mengirim email.

Penamaan File Harus Jelas

Dari file berkas lamaranmu tersebut, pastikan kamu menamainya secara formal sesuai dengan permintaan HRD atau recruiter. Pastikan kembali apakah format filemu sudah dalam bentuk pdf, jpg, atau doc. Hal tersebut dilakukan mengingat pada salah satu poin di atas untuk menghindari format zip dan rar.

Selain itu, pada umumnya bentuk file lamaran kerja secara ideal berbentuk pdf, karena file jenis pdf memberikan kemudahan untuk dibuka dan diakses semua perangkat. Salah satu contoh nama file yang biasanya dikirimkan untuk melamar kerja. Berikut contoh penulisan nama file.

 

 

About Akademik

Check Also

10 Tips Pencarian Kerja untuk Mendapatkan Karir Impian Anda

Apakah Anda sedang mencari pekerjaan impian Anda tahun ini? Dengan pasar kerja yang semakin kompetitif, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *