Hal-hal yang Harus Dilakukan Sebelum Anda Mulai Mencari Pekerjaan

Proses pencarian kerja bisa jadi menakutkan, tetapi dengan persiapan dan penelitian yang tepat, Anda bisa mendapatkan pekerjaan impian Anda dalam waktu singkat. Dalam perjalanan Anda untuk menemukan pekerjaan yang sempurna, penting untuk memiliki daftar hal-hal yang harus dilakukan sebelum Anda memulai pencarian. Memiliki daftar periksa akan memastikan bahwa Anda siap dan percaya diri ketika saatnya tiba untuk melamar. Lagi pula, semakin Anda siap, semakin besar kemungkinan Anda mengesankan calon pemberi kerja. Dari memoles resume dan surat lamaran Anda hingga meneliti perusahaan dan industrinya, ada banyak hal yang perlu Anda lakukan untuk memastikan Anda berhasil mencari pekerjaan. Memiliki daftar tugas-tugas ini dapat membantu membuat proses lebih mudah dan lebih efisien.

Perbarui resume dan surat lamaran Anda

Sangat penting untuk memperbarui resume dan surat lamaran Anda sebelum Anda mulai melamar pekerjaan. Majikan sering menggunakan resume dan surat lamaran Anda untuk merasakan pengalaman Anda dan kemampuan Anda. Resume dan surat lamaran yang ditulis dengan buruk dapat membuat pemberi kerja mengesampingkan Anda untuk pekerjaan itu bahkan tanpa mempertimbangkan pengalaman atau keahlian Anda. Memperbarui resume dan surat lamaran Anda memberi Anda kesempatan untuk menunjukkan keahlian, pengalaman, dan nilai keseluruhan Anda kepada organisasi. Pastikan Anda mengetahui tren terbaru dalam penulisan resume. Pastikan untuk memasukkan jabatan, industri, deskripsi pekerjaan, dan lamanya Anda berada di setiap posisi. Pastikan untuk memasukkan nama penyelia dan tanggal Anda bekerja untuk mereka. Pastikan informasi kontak Anda mutakhir dan konsisten di semua dokumen Anda.

Riset Pasar Kerja

Sebelum Anda mulai melamar pekerjaan, penting untuk meneliti pasar kerja. Memahami keadaan pasar kerja saat ini akan memungkinkan Anda membuat keputusan berdasarkan informasi tentang pekerjaan mana yang akan dilamar. Anda dapat menggunakan alat seperti situs web Biro Statistik Tenaga Kerja untuk mendapatkan gambaran umum tentang industri apa yang tumbuh dan mana yang menurun. Ini dapat membantu Anda fokus pada bidang yang paling Anda sukai dan memastikan Anda melamar pekerjaan di industri yang sedang berkembang. Memahami keadaan pasar kerja juga akan membantu Anda menentukan ekspektasi gaji yang sesuai. Ada banyak situs web, seperti Salary.com, yang dapat membantu Anda menentukan kisaran gaji yang masuk akal untuk pasar kerja untuk berbagai industri dan posisi.

Identifikasi keahlian dan minat Anda

Sebelum Anda mulai melamar pekerjaan, penting untuk mengidentifikasi keterampilan dan minat Anda. Melakukan hal itu akan membantu Anda memfokuskan pencarian pekerjaan Anda pada pekerjaan yang selaras dengan keahlian dan jalur karier Anda. Ini juga akan membantu Anda mengidentifikasi cara untuk meningkatkan resume dan surat lamaran Anda untuk menyoroti keterampilan dan pengalaman Anda. Penting juga untuk mempertimbangkan jenis lingkungan kerja apa yang terbaik untuk Anda. Apakah Anda lebih suka lingkungan kantor yang serba cepat atau lingkungan kerja yang lebih santai? Apakah Anda lebih suka bekerja sendiri atau dengan tim? Apakah Anda lebih tertarik bekerja dengan orang atau data? Ini semua adalah hal yang perlu dipikirkan saat mengidentifikasi keterampilan dan minat Anda. Penting juga untuk mempertimbangkan jenis pekerjaan apa yang ingin Anda lakukan. Anda dapat menggunakan situs web, seperti Careerbuilder, untuk mengkategorikan keterampilan dan minat Anda serta mendapatkan ide untuk pekerjaan potensial. Anda juga dapat menggunakan situs web ini untuk mencari informasi tentang berbagai industri dan perusahaan.

Teliti terhadap pemberi kerja

Sebelum Anda mulai melamar pekerjaan, penting untuk meneliti calon pemberi kerja tempat Anda bekerja. Ini akan membantu Anda menentukan apakah perusahaan tersebut cocok untuk Anda dan apakah Anda cocok untuk perusahaan tersebut. Ini juga akan memberi Anda wawasan tentang budaya perusahaan, tipe orang yang bekerja di sana, dan keterampilan apa yang dibutuhkan untuk pekerjaan itu. Ini juga akan memungkinkan Anda untuk memahami misi dan tujuan perusahaan serta rencana masa depannya. Informasi ini akan sangat membantu ketika Anda menyelesaikan aplikasi dan wawancara. Ini juga merupakan ide bagus untuk mengikuti perusahaan di media sosial dan membaca ulasan dan artikel tentang mereka. Ini akan membantu Anda mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang budaya perusahaan dan mempersiapkan Anda untuk setiap pertanyaan wawancara potensial.

Buat jaringan profesional

Salah satu hal terpenting yang dapat Anda lakukan sebelum mulai melamar pekerjaan adalah membuat jaringan profesional. Memiliki jaringan yang kuat dapat membantu Anda menemukan prospek pekerjaan dan mendapatkan wawasan berharga tentang industri ini. Ini juga cara yang bagus untuk bertemu orang baru dan tetap terhubung di bidang Anda. Ada banyak cara untuk membangun jaringan Anda termasuk menemukan dan bergabung dengan grup industri yang relevan di media sosial, terhubung dengan mantan rekan kerja, dan terhubung dengan mentor dan penasihat. Penting juga untuk terlibat dalam komunitas Anda. Berpartisipasi dalam acara lokal dan menjadi sukarelawan dapat membantu Anda bertemu orang baru di bidang Anda dan memperluas jaringan Anda. Ini juga dapat membantu memperkuat keterampilan Anda dan membuat Anda lebih mudah dipekerjakan.

Persiapkan untuk wawancara

Sebelum Anda mulai melamar pekerjaan, penting untuk mempersiapkan wawancara. Wawancara adalah bagian penting dari proses pencarian kerja dan dapat menjadi faktor penentu antara Anda dan kandidat lainnya. Memiliki sikap siap dan percaya diri akan membantu Anda menonjol dari pencari kerja lainnya. Penting untuk mempersiapkan wawancara terstruktur dan tidak terstruktur. Wawancara terstruktur adalah wawancara di mana pemberi kerja telah menyiapkan daftar pertanyaan yang ingin mereka tanyakan kepada Anda. Wawancara tidak terstruktur adalah saat pewawancara tidak memiliki daftar pertanyaan khusus yang ingin mereka tanyakan kepada Anda. Sebelum wawancara, penting untuk melakukan penelitian terhadap perusahaan dan pewawancara. Memiliki gambaran umum tentang budaya perusahaan, posisi yang Anda lamar, dan tujuan perusahaan akan membantu Anda merasa lebih siap dan percaya diri. Penting juga untuk melatih elevator pitch dan daftar pertanyaan Anda. Memiliki elevator pitch yang kuat dan pertanyaan yang disiapkan akan membantu Anda menonjol dari kandidat lain dan memberi Anda kepercayaan diri saat berbicara dengan pewawancara.

Buat portofolio

Hal penting lain yang dapat Anda lakukan sebelum mulai melamar pekerjaan adalah membuat portofolio. Portofolio adalah cara yang bagus untuk menonjolkan keterampilan, pengalaman, dan hasrat Anda. Ada banyak jenis portofolio yang dapat Anda buat, termasuk resume online, blog, atau kombinasi keduanya. Memiliki portofolio online akan memungkinkan Anda menunjukkan keahlian, pengalaman, dan minat Anda kepada calon pemberi kerja. Ini juga bisa menjadi cara yang bagus untuk terhubung dengan pemberi kerja atau klien potensial. Anda dapat menggunakan platform media sosial, seperti LinkedIn, untuk membuat portofolio online. Membuat blog memungkinkan Anda berbagi ide, pengalaman, dan pengetahuan dengan orang lain. Memiliki blog juga bisa menjadi cara yang bagus untuk memperkenalkan nama Anda dan membuat calon pemberi kerja tertarik untuk mempekerjakan Anda.

Kembangkan kehadiran online

Memiliki kehadiran online adalah hal lain yang dapat Anda lakukan sebelum mulai melamar pekerjaan. Memiliki kehadiran online yang kuat dapat membantu Anda mendapatkan pekerjaan impian Anda. Memiliki kehadiran online yang kuat akan membantu Anda menjangkau audiens yang lebih luas dan menunjukkan keahlian dan pengalaman Anda. Ada banyak hal berbeda yang dapat Anda lakukan untuk memperluas keberadaan online Anda, termasuk membuat blog, membangun situs web, dan berpartisipasi dalam media sosial. Memiliki blog, membangun situs web, dan berpartisipasi dalam media sosial dapat membantu Anda membangun merek dan memperluas jaringan. Memiliki kehadiran online yang kuat juga akan memudahkan calon pemberi kerja menemukan Anda dan mempelajari lebih lanjut tentang Anda.

Jangkau kontak dan perekrut

Hal penting lain yang dapat Anda lakukan sebelum mulai melamar pekerjaan adalah menjangkau kontak dan perekrut. Memiliki jaringan kontak dan perekrut yang kuat dapat membantu Anda menemukan prospek pekerjaan dan mendapatkan wawasan berharga tentang industri ini. Ini juga cara yang bagus untuk bertemu orang baru dan tetap terhubung di bidang Anda. Ada banyak cara untuk memperluas jaringan Anda termasuk menemukan dan bergabung dengan grup industri yang relevan di media sosial, terhubung dengan mantan rekan kerja, dan terhubung dengan mentor dan penasihat. Penting juga untuk terlibat dalam komunitas Anda. Berpartisipasi dalam acara lokal dan menjadi sukarelawan dapat membantu Anda bertemu orang baru di bidang Anda dan memperluas jaringan Anda. Ini juga dapat membantu memperkuat keterampilan Anda dan membuat Anda lebih mudah dipekerjakan. Memiliki jaringan yang kuat akan memudahkan Anda menemukan prospek pekerjaan dan memungkinkan Anda untuk lebih selektif dengan pekerjaan yang Anda lamar.

 

About Akademik

Check Also

Cara Menghadapi HRD yang Tegas Saat Wawancara Kerja

Wawancara kerja adalah tahap krusial dalam proses seleksi karyawan. Dalam wawancara tersebut, seringkali kita akan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *