Cara Memaksimalkan Wawancara Kerja Anda

Wawancara kerja mungkin merupakan salah satu interaksi yang paling sering Anda lakukan dengan calon rekan kerja dalam pekerjaan Anda. Mereka adalah cara yang bagus untuk merasakan perusahaan Anda, anggota timnya, dan melihat orang seperti apa yang benar-benar layak untuk dipekerjakan. Tetapi cara Anda menanganinya dapat berdampak luas pada peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan manajer atau posisi yang lebih baik dalam hidup. Dalam posting blog ini, kami akan menjawab beberapa pertanyaan umum tentang cara memanfaatkan wawancara kerja Anda sebaik mungkin dan cara lain untuk mempersiapkan wawancara berikutnya. Jadi, mari kita mulai!

 

Apa Itu Wawancara Kerja?

 

Wawancara kerja adalah kesempatan bagi Anda untuk mengajukan pertanyaan kepada kandidat tentang perusahaan Anda dan melihat apakah mereka tertarik bekerja untuk Anda. Anda mungkin seorang manajer yang sedang mencari anggota tim baru, atau Anda mungkin seorang pendiri perusahaan yang sedang mencari karyawan baru. Keputusan untuk mewawancarai suatu pekerjaan sering dibuat selama salah satu dari dua wawancara – satu untuk pekerjaan Anda dan satu untuk Jurusan Terapan Anda. Bahkan sebelum Anda menginjakkan kaki di kantor, Anda pasti ingin memastikan bahwa Anda benar-benar siap. Berikut adalah 5 tips untuk membantu Anda mempersiapkan diri untuk wawancara kerja Anda.

 

Mengapa Pemilihan Orang Sangatlah Penting?

 

Sangat mudah untuk kewalahan saat memilih calon karyawan—terutama mereka yang mungkin memiliki tanggung jawab besar pada saat yang bersamaan. Hal ini dapat membuat sulit untuk membuat keputusan, karena Anda tidak tahu individu mana yang harus dipilih. Anda juga tidak tahu budaya perusahaan mana yang harus diterapkan di tempat kerja Anda. Ketika Anda memiliki gagasan yang jelas tentang siapa Anda ingin bekerja, Anda dapat mulai membuat keputusan yang lebih baik. Misalnya, Anda mungkin memutuskan bahwa Anda ingin mempekerjakan seseorang yang memiliki keahlian khusus dan dapat bekerja dalam suasana tim.

 

Bagaimana Mempersiapkan Wawancara Kerja

 

Bahkan sebelum Anda menginjakkan kaki di kantor, Anda pasti ingin memastikan bahwa Anda benar-benar siap. Berikut adalah 5 tips untuk membantu Anda mempersiapkan diri untuk wawancara kerja Anda. Bahkan sebelum Anda menginjakkan kaki di kantor, Anda pasti ingin memastikan bahwa Anda benar-benar siap. Berikut adalah 5 tips untuk membantu Anda mempersiapkan diri untuk wawancara kerja Anda. – Buat daftar pertanyaan yang ingin Anda tanyakan, siapa yang ingin Anda wawancarai, dan pertanyaan apa yang ingin Anda jawab dengan benar. Ini akan membantu Anda menghindari menjawab pertanyaan yang tidak berlaku untuk Anda dan akan membantu mengurangi waktu yang terbuang. – Singkirkan kalkulator Anda, karena Anda mungkin akan memiliki banyak pertanyaan! Untuk menghemat waktu, gunakan aplikasi seperti Quora atau Pertanyaan Quora. Ini hanya akan memakan waktu beberapa menit, sambil tetap memberi Anda kemampuan untuk mengajukan pertanyaan apa pun yang Anda inginkan. – Bacalah pertanyaan pada menu, karena pertanyaan sering kali dapat mencakup banyak wilayah. Jadi, jangan hanya menganggap semua yang ada di sana berlaku untuk Anda, tetapi luangkan waktu untuk membaca pertanyaan secara menyeluruh sehingga Anda bisa mendapatkan jawaban lengkap. – Tetapkan tujuan yang realistis untuk diri sendiri sehingga Anda tahu bahwa Anda tidak perlu terlalu memikirkan banyak hal. Ini akan membantu memastikan Anda tidak melupakan pertanyaan tertentu selama wawancara. – Ingatlah untuk sering-sering istirahat sejenak untuk menghirup udara segar dan menjernihkan pikiran. Ini juga merupakan ide yang baik untuk tidur siang sebentar sekali atau dua kali selama wawancara kerja Anda sehingga Anda tidak ketinggalan pertanyaan Anda dan menjadi tidak yakin apa yang harus ditanyakan selanjutnya. – Jika Anda akhirnya melamar ke perusahaan, pastikan untuk mengirim email internal dan saluran Slack yang terkait dengan aplikasi Anda agar semuanya teratur dan berjalan dengan lancar.

 

5 Kesalahan Wawancara Paling Umum yang Harus Dihindari

 

Kesalahan 1: Anda menganggap pencari kerja meminta Anda bekerja untuk mereka. Dalam skenario ini, Anda menganggap pencari kerja meminta Anda bekerja untuk mereka karena mereka memiliki situs web atau media sosial. Ini adalah cara yang pasti untuk kehilangan wawancara Anda dan berakhir dengan panggilan dingin. Kesalahan 2: Anda terlalu sibuk mengkhawatirkan wawancara berikutnya atau pertunjukan berikutnya sampai-sampai bertanya. Ini adalah cara yang pasti untuk melewatkan peluang karir di perusahaan pilihan Anda. Kesalahan 3: Anda membuat pernyataan yang menggeneralisasi sambil menikmati wawancara. Ini bisa menjadi kesalahan besar. Anda ingin menikmati wawancara kerja Anda, bukan menuliskan semua yang Anda pelajari selama percakapan. Jadi, jangan berasumsi bahwa semua yang dikatakan dalam wawancara kerja Anda berlaku untuk Anda. Alih-alih, luangkan waktu untuk mendengarkan cerita individu tersebut, dan cobalah untuk memahami apa tujuan mereka bekerja di sana dan apa yang membuat mereka tergerak.

Kesimpulan

 

Peluang karir tidak terbatas dan sangat menguntungkan. Itulah mengapa penting untuk mempersiapkan wawancara kerja Anda berikutnya dan memanfaatkan peluang Anda sebaik mungkin. Ini termasuk memahami apa yang diinginkan majikan dari Anda, keterampilan apa yang Anda miliki, dan bidang apa yang kurang Anda miliki. Kemudian, manfaatkan tips ini agar wawancara kerja Anda berjalan lancar.

About Akademik

Check Also

Cara Menghadapi HRD yang Tegas Saat Wawancara Kerja

Wawancara kerja adalah tahap krusial dalam proses seleksi karyawan. Dalam wawancara tersebut, seringkali kita akan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *